ICAEW Akan Angkat Isu Pencucian Uang di Forum B20 Indonesia

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:28 WIB
ICAEW Akan Angkat Isu Pencucian Uang di Forum B20 Indonesia
ICAEW Akan Angkat Isu Pencucian Uang di Forum B20 Indonesia

RAGAM JAKARTA - The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) akan berpartisipasi dalam B20 Indonesia 2022, yang merupakan forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global, sebagai anggota Satuan Tugas Integritas dan Kepatuhan (Integrity and Compliance Task Force).

Bersama dengan pemangku kepentingan utama dalam ekosistem bisnis global, para anggota ICAEW akan mengangkat upaya anti pencucian uang (AML) melalui pengembangan program dan penerapan kebijakan yang telah ditentukan.

Dampak dari pencucian uang; proses dimana keuntungan dari kegiatan ilegal disamarkan dan dibuat agar terlihat memiliki keabsahan secara legal; dapat menghancurkan dan tidak untuk diremehkan.

Lebih dari sekedar penipuan biasa, tindakan itu dapat mendanai kejahatan serius lainnya seperti perbudakan modern, perdagangan narkoba, korupsi, terorisme, dan lainnya.

Berangkat dari isu tersebut, ICAEW sebagai badan akuntansi chartered terbesar di Inggris dan anggota turut memainkan peran penting dalam memberikan panduan dan sumber daya untuk membantu perusahaan mematuhi tanggung jawab hukum dan profesional mereka.

Saat ini, ICAEW mengawasi sekitar 11.000 perusahaan akuntansi dengan strategi pengawasan anti pencucian uang yang kuat.

ICAEW menggunakan pendekatan berbasis risiko, yang artinya upaya-upayanya difokuskan pada perusahaan dengan risiko tertinggi terkena pencucian uang.

Pada saat yang sama, ICAEW menawarkan bantuan dan dukungan kepada perusahaan jika sesuai, dengan menyediakan panduan, sumber daya, dan saran praktis dan menyoroti masalah-masalah untuk dipertimbangkan.

Bersama dengan komunitas bisnis global, B20 telah membentuk Satuan Tugas Integritas dan Kepatuhan (sebelumnya dikenal sebagai Satuan Tugas Anti-korupsi) sebagai salah satu dari tujuh gugus tugas prioritas dalam agenda mereka sejak 2012.

Halaman:

Editor: Dirgantara Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arti Mendalam dari Filosofi Logo HUT RI ke-77

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:59 WIB
X